Apakah itu Google AdWords?
Dengan Google AdWords, Anda dapat membuat dan menjalankan iklan untuk
bisnis secara cepat dan mudah. Menjalankan iklan di Google dan
jaringan iklan kami — berapa pun anggaran Anda, Anda hanya membayar
bila pengunjung mengeklik iklan Anda. Cukup kunjungi
www.adwords.google.co.id untuk memulai.
Iklan AdWords ditampilkan bersama dengan hasil penelusuran bila
pengguna menelusuri Google dengan salah satu kata kunci. Iklan
ditampilkan di bawah ‘Pesan sponsor’ di kolom sisi laman penelusuran,
dan juga dapat ditampilkan di posisi tambahan di atas hasil penelusuran
gratis. Dengan demikian, Anda beriklan kepada pemirsa yang sudah
tertarik pada bisnis Anda. Anda juga dapat memilih untuk menampilkan
iklan pada situs Jaringan Display di Jaringan Google yang berkembang. Dan Anda dapat memilih penempatan Jaringan Display yang tepat untuk menampilkan iklan, atau membiarkan penargetan kontekstual mencocokkan kata kunci dengan konten.
Anda dapat memilih dari berbagai format iklan, termasuk iklan teks,
gambar, dan video, serta dengan mudah melacak kinerja iklan menggunakan
laporan yang tersedia di akun.
Tidak ada penagihan bulanan minimum dengan AdWords — Anda hanya dikenakan biaya aktivasi. Pelajari selengkapnya tentang biaya iklan dengan Google AdWords.
Untuk mengetahui selengkapnya tentang Google AdWords atau mulai membuat iklan, kunjungi laman muka AdWords.
Jika ingin mulai beriklan dan Anda mencari agen atau individual untuk
membantu, Anda dapat mencoba menggunakan Profesional Periklanan Google
yang telah tersertifikasi oleh Google. Pelajari selengkapnya tentang Profesional Periklanan Google atau kunjungi Penelusuran Profesional Google untuk mencari daftar profesional yang memenuhi persyaratan Anda.
Bagaimana Cara Membayar Atau Memasukkan Dana Ke AdWords?
Ada 2 metode dalam pembayaran AdWords, yaitu prepay (bayar di depan) dan postpay
(bayar di belakang). Untuk prepay, kita dapat menggunakan transfer bank
dan kartu kredit, sedangkan pilihan pembayaran untuk postpay adalah
kartu kredit dan kartu debit (saat ini Indonesia belum didukung).
Pilihan postpay maupun prepay ini hanya dapat dilakukan di awal
pembuatan akun AdWords dan untuk berpindah dari postpay ke prepay atau
sebaliknya Anda harus menutup akun AdWords Anda dan membuat akun yang
baru.
Bagaimana Mengatasi Quality Score Yang Rendah?
Ada beberapa penyebab rendahnya nilai Quality Score. Misalnya, kurang
relevannya antara landing pages dengan iklan yang digunakan atau
landing pages dengan kata kunci yang digunakan. CTR yang rendah juga
turut menyumbang andil dalam penilaian Quality Score.
Semakin rendah nilai Quality Score dari iklan kita, maka semakin
jarang iklan tersebut ditampilkan oleh AdWords. Dampak lain adalah nilai
minimum bid akan mengalami peningkatan, bahkan hingga mencapai 10x
lipat.
Untuk mengatasinya:
1. Pastikan kata-kata dalam iklan yang Anda gunakan berhubungan
dengan landing pages Anda. Cara yang paling mudah, apabila Anda membuat
landing pages sendiri, adalah dengan menambahkan / menyisipkan
kata-kata yang Anda gunakan dalam iklan ke dalam halaman landing pages
Anda tersebut.
2. Pastikan deretan kata kunci yang Anda gunakan berhubungan dengan
landing pages Anda. Trik di atas juga dapat diaplikasikan di sini.
3. Tingkatkan kemampuan copywriting Anda untuk menciptakan iklan yang lebih baik, tepat sasaran, dan ber-CTR tinggi.
4. Lakukan eksperimen dengan menggunakan 2-3 variasi iklan untuk
masing-masing campaign AdWords Anda. Setelah beberapa hari, buang iklan
yang perfomance-nya buruk dan buat variasi iklan yang lain. Ulangi
terus langkah tersebut hingga mendapatkan iklan dengan CTR yang
optimal.
5. Secara berkala, amati perfomance kata kunci yang Anda gunakan, dan
singkirkan kata kunci-kata kunci yang perfomance-nya rendah.
Bagaimana Mengatasi Iklan Yang Tidak Muncul (Impresi Nol) ?
Ada beberapa hal yang menyebabkan iklan yang Anda buat tidak muncul.
Yang pertama klasik, nilai bid yang terlalu rendah. Rasanya tidak perlu
dijelaskan bahwa nilai bid yang rendah akan mengakibatkan iklan Anda
berada dalam klasemen bawah untuk kata kunci yang bersangkutan. Ini
tentunya mengurangi kesempatan bagi iklan Anda untuk show off.
Solusinya, jika Anda bermain di search network, pastikan nilai bid
Anda sama atau lebih besar dari nilai bid minimum yang dipersyaratkan.
Jangan lupa bahwa nilai bid minimum ini bervariasi untuk masing-masing
kata kunci yang Anda gunakan. Sedang jika Anda bermain AdWords untuk
keperluan affiliate, tidak perlu ragu untuk menawar kata kunci dengan
nilai bid yang agak tinggi, misalnya 40-60% dari nilai Max. CPC yang
disarankan. Dengan pemilihan produk yang tepat, BEP-nya tidak susah kok.
Penyebab kedua dari malunya iklan Anda untuk tampil adalah adanya
advertiser lain yang memasang iklan untuk kata kunci yang sama dengan
menggunakan display URL yang sama. Dalam kasus ini, Google AdWords hanya
akan memilih satu iklan saja untuk ditampilkan, tentunya yang memiliki
kombinasi Quality Score dan nilai bid yang tinggi.
Kelebihan Promosi Menggunakan Google Adwords Dibanding Program Periklanan Lain di Internet
Google Adwords merupakan media promosi online
yang sangat populer di internet. Dengan menggunakan Google Adwords Anda
bisa menjangkau pasar lebih luas dengan target yang bisa Anda tentukan
sendiri, mulai dari yang paling global hingga paling spesifik.
Tak heran di luar sana Google Adwords sudah menjadi tradisi
perikalanan online yang kesehariannya banyak digunakan para marketer
dunia. Di Indonesia sendiri sebenarnya tak kalah sedikit marketer yang
menggunakan media promosi online ini seiring semakin berkembangnya
internet di Indonesia terutama mereka yang sudah terbiasa dengan online
marketing.
Ada banyak alasan mengapa program periklanan milik Google ini begitu
digemari dibanding dengan media promosi periklanan lain. Selain Google
sendiri sebagai sebuah perusahaan yang mempunyai branding yang sangat
kuat, alasan inilah yang membuat marketer banyak menggunakannya.
Berikut ini 5 keunggulan dan kelebihan Google Adword dibanding dengan media promosi online lainnya:
1. Jangkauan pasar luas
Seperti disebutkan sebelumnya, dengan menggunakan Google Adwords Anda
bisa menjangkau pasar yang sangat luas dengan target market
Internasional. Anda bisa menentukan pasar sesuka hati sesuai produk.
Anda bisa memilih negara mana saja yang menjadi target market.
2. Bisa diukur hasilnya
Berbeda dengan media periklanan lain yang hasilnya kurang bisa diukur
secara pasti, katakanlah pasang banner di web-web bidikan Anda,
menggunakan Google Adwords semua kegiatan promosi Anda bisa dilihat
lengkap statistiknya mulai berapa kali iklan Anda ditayangkan, berapa
kali iklan diklik, kata kunci apa saja yang sering diklik dan
sebagainya. Dengan begini Anda bisa melihat efektif atau tidaknya sebuah
kampanye iklan.
3. Lebih tertarget
Yang paling menarik dari program periklanan Google Adwords ini adalah
iklan Google bisa memfilter sesuai kata kunci yang diketikkan
pengunjung. Google akan menampilkan iklan Anda sesuai keinginan
pengunjung. Kalaupun iklan Anda muncul di jaringan para publishernya,
itupun disesuaikan dengan topik blog publisher tersebut.
Sangat menarik sekali bukan ?;)
4. Hasil cepat
Lain SEO lain Adwords, bila menggunakan SEO hasilnya baru kelihatan
setelah melalui proses yang cukup panjang, bisa dibilang lama mulai dari
berminggu-minggu, berbulan-bulanan hingga tahunan, maka dengan
menggunakan Google Adwords hasilnya jauh lebih cepat, bahkan dalah
hitungan menit Anda sudah bisa melihat hasilnya.
5. Kemudahan mengatur budget
Anda bisa mengatur budget sesuai kebutuhan iklan Anda. Misalkan dalam
sehari Anda menganggarkan 100.000, maka dalam sehari Google tidak akan
mendebate saldo Adwords melebihi budget tersebut . Anda juga bisa
melakukan bidding sesuai kata kunci yang Anda tergetkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar