cse

Minggu, 17 Juni 2012

Jakarta Masuk Daftar Kota Paling Dibenci di Dunia

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemberitaan internasional akhir-akhir ini menempatkan kota Jakarta di sepuluh besar sebagai kota yang paling dibenci di dunia. Jakarta berada di urutan ketujuh setelah Lima, Peru, dan Los Angeles.

Calon gubernur (cagub) Joko Widodo (Jokowi) menyayangkan hal tersebut. Menurutnya, Jakarta tidak harus dibenci sebab seluruh potensi bila dikelola dengan baik untuk membangun Jakarta dapat membuat ibu kota RI itu dicintai.

Jakarta dibenci, menurutnya, karena Pemerintah Provinsi Jakarta tidak pernah membangun manajemen program. Pemda tidak pernah memikirkan posisi Jakarta sebagai ibukota negara. Dengan demikian, Jakarta tidak didesain untuk memiliki brand tertentu.

"Tidak dibangun positioning Jakarta, brand-nya apa. Yang ada hanya brand banjir, macet, dan kumuh," ujarnya di Kawasan SCBD, Jakarta, Ahad (17/6).

Jakarta, menurutnya, tidak mempunyai spesifikasi. Di antaranya, tidak punya kekhasan untuk dikenang seperti kota mode atau busana muslim, kota festival atau lain-lain.

"Bangun dong brand, seperti kota mode. Mode busana muslim. Kota festival. Untuk itu, tanya ke rakyat, apa yang mau dibangun," ujarnya.

Selain itu, Jakarta dibenci karena pembangunan Jakarta terjebak pada sisi administrasi saja. Seolah-olah, Jakarta hebat jika administrasi dilakukan dengan baik. Namun, pemerintah lupa untuk membangun manajemen brand.

"Terjebak pada sisi administrasi, birokrasi sehingga tidak membangun manajemen brand. Sehingga yang muncul dibenci," ujarnya.

Untuk itu, Jokowi tetap bertahan pada filosofinya yaitu satu jam di kantor dan jam berikutnya turun ke masyarakat.

"Filosofi ini jangan diartikan lurus. Yang dimaksud adalah jangan terjebak pada sisi birokratis saja," tegasnya.

Cagub dari jalur independen Faisal Basri juga menilai Jakarta sudah salah urus. Manajemen penataan kota Jakarta sangat buruk. "Lihat saja transportasi dan kemacetan, banjir di mana-mana. Sudah salah urus," ujarnya.

Sementara, cagub nomor urut empat Hidayat Nur Wahid mengungkapkan seluruh klaim soal keberhasilan Jakarta menjadi rontok karena Jakarta ditempatkan di urutan ketujuh sebagai kota yang dibenci.

"Jakarta sebagai kota dengan kemacetan, polusi dan pertunjukan kemiskinan," ujarnya.

Perspektif kota yang dibenci harus segera diakhiri. Jakarta, menurutnya, harus divisikan sebagai kota modern yang setara dengan Singapura atau kota modern di Asia lainnya.

"Jakarta mesti menjadi kota yang modern serta mampu menyejahterakan warganya dan tetap mepmertahankan ketinggian budaya lokal,"ujar Hidayat.

Untuk mengubah Jakarta, lanjutnya, perlu ada revitalisasi birokrasi dan penting adanya pemimpin baru."Itu sebabnya kita butuh pemimpin baru di Jakarta yang bisa menghadirkan Jakarta yang sejahtera, modern, dan berbudaya," tegasnya.

Sebelumnya, situs CNNGO, portal khusus travel dan wisata dari CNN, menyebutkan Jakarta adalah kota ketujuh yang dibenci di dunia. Alasannya, tata kota yang buruk, kemacetan, polusi, dan kesemrawutan. Selain itu, situs tersebut menyebutkan Jakarta adalah kota yang kumuh.

Ke-10 kota paling dibenci:

1 Tijuana, Mexico

2 Sydney & Melbourne

3 Paris, Prancis

4 Timbuktu, Mali

5 Los Angeles, AS

6 Lima, Peru

7 Jakarta, Indonesia

8 New Delhi, India

9 Kairo, Mesir

10 Belize City, Belize
(MI/Wrt3)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar